Rabu, 01 Juni 2016

Sejarah Ruko | Info Ruko Makassar

0

Harga Pintu Ruko Makassar, Harga Ruko 2 Lantai Di Makassar, Harga Ruko Di Kota Makassar, Harga Ruko Di Makassar, Harga Ruko Di Makassar 2014, Harga Ruko Di Villa Mutiara Makassar, Harga Ruko Jalan Veteran Selatan Makassar, Harga Ruko Jalan Veteran Utara Makassar, Harga Ruko Makassar, Harga Ruko Murah Di Makassar

Info Ruko Makassar - Dalam budaya bermukim kota di Indonesia, pada awalnya kita mengenal “toko” sebagai sebuah konsep tradisional yang berbeda dengan konsep toko yang ditawarkan oleh konsep pertokoan modern. 

Menurut Denys Lombard, “toko” (yang berasal dari “tu ku” (土庫), kata yang dalam bahasa Mandarin maupun Hokkian berarti serupa; di Bahasa Melayu digunakan istilah (kedai) dikenal di sebagai sembarang ruangan tempat barang dagangan ditumpuk tanpa aturan jelas, tempat di mana sang pemilik atau penjaga toko melewati harinya, sebelum etalase atau meja pajang diperkenalkan. (Lombard  Denys, Nusa Jawa, Silang Budaya Bagian 2, Jaringan Asia, Le Carefour).

Ruko-ruko abad ke-19, dalam kehidupan perkotaan masa itu, membentuk aktivitas di jalan dan menciptakan pusat-pusat keramaian yang secara khas hanya dapat dijumpai di pecinan. Gaya hidup semacam inilah yang telah menghidupi pusat-pusat keramaian kota-kota di Indonesia selama ratusan tahun hingga keberadaannya kini terancam oleh pusat-pusat perbelanjaan dan perumahan-perumahan modern yang menggunakan kapital besar. Tanpa langsung disadari, hilangnya toko-toko ini mengakibatkan matinya lorong-lorong kota dan kaki lima.

Javanais, Essai d‟hostoire Globale II, Le Resaux Asiatiques, Jakarta : Gramedia, 1996, hal 275-277 terciptanya jalan-jalan yang sepi karena pindahnya keramaian ke bangunan-bangunan mal yang monolit, ketimbang hingar bingarnya toko-toko dan kaki-lima yang beragam. Ini merupakan pertanda matinya sebuah warisan budaya kota dan juga identitas kita. (Ibid, hal 300)

jual ruko di makassar
Contoh Ruko Tempo Dulu Di Salah Satu Kota Di China | Info Ruko Makassar

Nah itulah sejarah singkat ruko yang dikutip oleh Info Ruko Makassar diambil dari beberapa sumber, mudah-mudahan bermanfaat.

Baca juga pengertian ruko di sini.

0 komentar:

Posting Komentar